Minggu, 28 April 2013

Inspirasi Tak Terbatas "Mutiara tidak akan pernah terbuang sia sia"

Senang sekali kemarin, 28 April 2013 saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Talkshow "Menulis Cantik Ala Kang Abik" (Habiburrahman El Shirazy), beliau adalah penulis adikarya fenomenal Ayat Ayat Cinta, Di Atas Sajadah Cinta, Ketika Cinta Berbuah Surga, Pudarnya Pesona Cleopatra, Ketika Cinta Bertasbih, Dalam Mihrab Cinta, Bumi Cinta dan masih ada beberapa novel dan syair yang kang Abik buat.

Banyak sekali manfaat dan motivasi untuk menulis yang saya peroleh dari talkshow bersama kang Abik. Di sini beliau menceritakan bagaimana beliau gagal berkali kali dalam menterjemahkan karya ke dalam bahasa Indonesia, tetapi beliau tetap berusaha. "Cobalah berkali kali, ratusan kali bahkan ribuan kali sampai kegagalan menyerah dengan anda" adalah salah satu quote Kang Abik. Dalam hal menulis, kang Abik sampai sekarang pun masih 'proses' yaitu proses belajar untuk menjadi penulis yang lebih baik dan menciptakan karya karya. Kata beliau, penyakit menulis yang paling mendasar adalah "MALAS". Dan untuk menghindari ini kita harus mempunyai tekat yang kuat dan niat. Ada pesan tersirat dari Kang Abik pada waktu itu yaitu :

"Mutiara tidak akan pernah terbuang sia sia"

Benar benar  inspirasi tak terbatas dan luar biasa. One of the best talkshow with full motivation that i've ever attending. Selain itu kang Abik juga memberi tips tips menulis cantik yang tidak mudah ditebak oleh pembacanya dengan mengembangkan ide dan imajinasi, dimana karya yang besar dan monumental biasanya lahir dari kekuatan jiwa penuklisnya.
Untuk penulis pemula, hindari copy master. Copy master itu adalah menulis dengan mengekor, dia tidak emmpunyai idealisme sundiri, dia juga tidak mempunyai style sendiri dan hanya meniru niru penulis yang lain. Tulislah yang paling kita tahu dengan mengembangkan perasaan kita dengan niat, iotu MODAL untuk menulis.

Menulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri
(J.K Rowling)

Menulislah pada saat awal dengan hati, setelah itu perbaiki dengan pikiran
(Willian Forrester)



regards,


2 komentar:

  1. alhamdulillah bisa ketemu kang abik dan dapat ilmunya, saya jadi ikutan menyimak, jadi kalau mau menulis ya jangan malas dan terus mencoba, walaupun berkali-kali gagal

    BalasHapus
  2. Terimakasih yaa...sudah blogwalking ;)
    Iyaa...Alhamdulillah banget dapet dateng di kesempatan istimewa bareng Kang Abik :)
    Salam kenal yaa....

    BalasHapus