Senin, 06 Oktober 2014

Inspirasi Rumah Belajar

awal mulanyaaa..
waktu itu aku ikut Unej mengajar, kalo ga salah pertama kali ikut semester 3. Nah kebetulan Unej mengajar dibagi kedalam dua kelompok dan aku ikut bagian kelompok ke Tanoker Ledokombo, taman belajar buat anak anak Ledokombo. Taman belajar ini udah terkenal banget, ga cuman nasional bahkan udah mendunia. Taman belajar ini fokus pada pemberdayaan anak anak melalui pendekatan budaya.

Akhirnya kegiatan ini menjadi rutinitas tiap minggu, ga cuman sama temen dari unej mengajar tapi juga sama temen temenku. Waktu itu aku bareng temenku Ryan, Hadi dan Ratih dan saat itu juga tanoker kedatangan tamu dari calon mawapres Fakultas Sosial dari Universitas Indonesia.  Kita jadi tour guide bentar sih, nganter mereka ke mana mana. Dan ternyata salah satu calon mawapres ada yang temennya Ninis, namanya Kikiy anak kediri *ah ribet yaa. Kita nyadarnya pas mereka mau balik..sayang sekali.

Aku betah banget kalo di Tanoker, karena aku emang suka sama anak anak, berbagi senyuman, mainan bareng sama anak anak Tanoker. Selain itu pemilik Tanoker pak Supo biasa dipanggil "leek"  dan bu cici juga ramaah, baik banget, friendly jadi makin betah. Leek dan Bu Cici adalah salah satu orang yang masuk dalam list orang yang menginspirasiku.
Berkat perjuangan Dr.Supo dan Dra.Farha Cici. Bu Cici ini alumni Pasca Sarjana Sosiologi UGM yang juga peraih Indihome women awards menjadikan Tanoker Ledokombo maju, dikenal internasional Coba deh kalian Googling Tanoker Ledokombo. :) hehehheheeeee

Nah, dari itu semua aku punya keinginan besar membuat desaku maju, dikenal kaya Tanoker. hehe..
Di desaku punya latar belakang sama dengan Desa Ledokombo, banyak orang tua yang menjadi TKI, kerja jadi buruh tani pagi siang sore. Nah, anak anak mereka kurang diperhatikan dalam hal pendidikannya.  Sebelumnya, dulu waktu aku dan adekku masih di rumah banyak anak anak yang main ke musholaku sampe malem buat ngerjakan PR. Mereka minta bantuan aku sama adek buat ngerjakan PR mereka. Semenjak aku sama adekku kuliah mereka jarang ngerjakan PR bareng lagi di mushola. Tapi kalo aku sama adek pulang, anak anak ke rumah bawa PR mereka.

Pengen banget ada rumah belajar di samping rumahku, jadi suasana alam, ada perpustakaan mini, ada kolam ikan, kolam buat basah basahan, pokoknya nyaman ntar anak anak bisa kapan aja main dan belajar. Selain itu, bisa membantu anak anak yang ditinggal orang tua dan kurang perhatian dalam hal belajar. 

kapan hari udah bilang ke ibuk, ibuk Setuju dan tinggal merealisasikan aja yang susah karena emang posisiku di Jember dan adek di Jogja. Sebenernya bukan halangan, tapi ya gimana kasian ibuk ntar kalo sendirian :3 *curhat deh


1 komentar: